RECOFTC Indonesia
Cerita

Menggunakan Pendekatan Inovatif untuk Penyadartahuan Tentang Perubahan Iklim di Indonesia

20 December 2015
Detty Saluling (Edited by Karen Emmons)
Di tengah perjuangan untuk menjelaskan istilah perubahan iklim kepada penduduk desa, sekelompok pelatih muda membungkus diri mereka dengan terpal plastik. Ide ini memberi penduduk desa pemahaman singkat tentang efek rumah kaca.
Stories of Change
Gilang Ramadhan YAKOBI
©RECOFTC

Lahir di sebuah keluarga pengusaha lokal, Gilang tumbuh menjelajahi kota tua Berau dan Sungai Segah dan mendaki gunung di Kabupaten Berau di Provinsi Kalimantan Timur Indonesia. Ketika melakukan tugas penelitian di sebuah desa terpencil, Gilang gemetar ketika melihat betapa kurangnya informasi dan pemahaman tentang isu perubahan iklim membuat komunitas lokal rentan terhadap tekanan eksternal, khususnya menyerahkan tanah mereka ke perkebunan kelapa sawit.

Untuk membantu mendidik penduduk desa di seluruh kabupaten, Gilang dan beberapa teman memulai Yayasan Komunitas Belajar Indonesia (Yakobi). Tujuan mereka adalah untuk membantu penduduk desa memahami perubahan kondisi iklim dan mengembangkan kepercayaan diri untuk berbicara demi kepentingan mereka sendiri sehingga seiring waktu mereka dapat mengelola tantangan tanpa terlalu banyak bergantung pada dukungan luar.
Berbasis di Berau dan dipimpin oleh Gilang yang kini berusia 26 tahun dengan tim lulusan perguruan tinggi, Yakobi fokus pada mendidik penduduk desa dengan pendekatan sederhana namun tidak biasa. Sebagai organisasi baru, bagaimanapun, Gilang dan timnya segera menyadari bahwa mereka tidak memiliki keterampilan untuk melaksanakan misi mereka.

Hal ini dengan cepat berubah setelah Gilang menghadiri pelatihan fasilitasi RECOFTC untuk perubahan iklim. Dia belajar bagaimana lebih efektif mendiskusikan isu perubahan perubahan iklim dengan menggunakan pendekatan partisipatif. Segera setelah itu, Yakobi menjadi mitra lokal untuk proyek Pengembangan Kapasitas Akar Rumput RECOFTC untuk proyek REDD+ di Asia. Selanjutnya, anggota tim Yakobi lainnya juga mengambil bagian dalam peluang pengembangan kapasitas yang membantu mereka dalam melaksanakan kegiatan proyek.

Pertama, mereka menargetkan empat tipe pemimpin yang tidak lazim sebagai fasilitator pendidikan: pemimpin suku, anggota kelompok wanita yang didukung pemerintah, pemimpin agama, dan guru sekolah. “Ini adalah kelompok orang yang jarang dipertimbangkan dalam kegiatan proyek, tetapi pada kenyataannya mereka bisa sangat berpengaruh dan mungkin lebih efektif dalam menyebarkan pesan-pesan kunci kepada orang-orang di tingkat akar rumput daripada kami atau staf proyek lainnya.”, Gilang menjelaskan.

Kedua, mereka menempel pada formalitas dan mengunjungi otoritas struktural yang diperlukan berulang kali untuk otorisasi. “Pada awalnya, kami harus secara teratur datang untuk melihat kepala kantor atau lembaga di tingkat kabupaten untuk menjelaskan tujuan dan kegiatan proyek kami. Tanpa persetujuan mereka, kami tidak akan dapat mengadakan satu kegiatan pun. Kami harus secara konstan menyesuaikan tanggal acara kami dengan jadwal para pemimpin. ”, tambahnya.

Ketiga, ketika mereka bertemu dengan warga desa yang ditargetkan untuk meminta persetujuan mereka untuk pelatihan pendidikan perubahan iklim yang diusulkan, mereka tidak memiliki agenda yang diatur. “Ketika mereka pertama kali mendekati kami dalam kunjungan sebelumnya, mereka hanya datang untuk mengobrol dan mengenal kami — tidak membicarakan apa pun tentang proyek ini.”, jelas Rosdiana, anggota kelompok perempuan kecamatan yang menjadi fasilitator Yakobi di Desa Biduk-Biduk.

Ketika mereka akhirnya siap untuk mengangkat masalah perubahan iklim, mereka bingung. “Materi tentang perubahan iklim biasanya sangat teknis dan dikemas dengan jargon ilmiah, yang tidak dapat dengan mudah dipahami oleh peserta akar rumput kami.”, kenang Gilang. RECOFTC memandu tim Yakobi dalam menyederhanakan materi dan rencana pelajaran dan menerjemahkannya ke bahasa lokal.

Pelatihan tersebut melibatkan banyak sekali kunjungan oleh tim yang berkomitmen selama enam jam perjalanan di medan yang berat dan panggilan telepon yang diatur dengan hati-hati. Dengan listrik hanya tersedia dari jam 6 sore sampai jam 6 pagi, mereka harus membuat janji untuk panggilan telepon. “Saya harus memastikan bahwa ponsel saya terisi penuh malam sebelumnya dan naik sepeda motor untuk pergi ke hotspot (tempat untuk mencari sinyal telepon) untuk menelepon atau menerima panggilan pada waktu yang disepakati.”, kenang Rosdiana. "Mereka selalu bersedia untuk menjawab pertanyaan saya dan bersedia mendukung saya.", tambahnya. 

Rosdiana mengakui bahwa sebelum pelatihan dia tidak menyadari tentang perubahan iklim atau memiliki kepercayaan diri untuk berbicara dalam sebuah pertemuan. “Metode yang digunakan dalam pelatihan Yakobi sangat sederhana dan inklusif. Sebagai peserta, kami selalu didorong untuk secara aktif mengambil bagian dalam diskusi dan melakukan presentasi. Ini tidak hanya membangun pengetahuan saya tentang perubahan iklim tetapi juga kepercayaan diri saya. ”, katanya. “Baru-baru ini saya diundang untuk menghadiri pertemuan di tingkat kabupaten dengan pemerintah dan perwakilan penting lainnya, tetapi saya tidak merasa terintimidasi ketika saya ingin berbagi pendapat.”, katanya.

Guru kelas lima, Agus Uriansyah, yang merupakan fasilitator Yakobi di sekolahnya, menemukan pendekatan Yakobi sebagai transformasi proses pembelajaran untuk dirinya dan murid-muridnya. Sebelumnya, dia menjelaskan, perubahan iklim hanya bagian dari modul dalam pelajaran ilmu pengetahuan. Itu berubah dengan pelatihan Yakobi. “Saya belajar bagaimana merancang rencana pelajaran sehingga siswa akan tertarik dan bersemangat untuk belajar. Saya bahkan merasa terdorong untuk membuat materi dan kegiatan mengajar saya sendiri. Sungguh menakjubkan melihat seberapa cepat para siswa memahami konsep perubahan iklim dan dampaknya terhadap lingkungan kita.”, katanya.

pelajaran
Pelajaran perubahan iklim kepada anak Sekolah Dasar 

Menggunakan pengetahuan tentang perubahan iklim yang diperoleh dari pelatihan Yakobi untuk memfasilitasi pengambilan keputusan di komunitasnya membawa kepuasan pribadi kepada Zulfikri. Sebagai guru dan pemimpin agama, ia selalu mengingatkan masyarakat akan konsekuensi jika kita tidak memelihara lingkungan. “Allah kita yang terkasih telah memperingatkan kita di kitab suci tentang apa yang akan kita tuai dari tindakan tangan kita. Kita seharusnya tidak tergoda oleh keuntungan jangka pendek sementara kita memiliki generasi yang akan datang yang membutuhkan makanan.”, katanya kepada mereka.

“Mimpi kami adalah untuk membina fasilitator lokal di tingkat akar rumput, terutama di daerah terpencil sebanyak mungkin dan mendukung pengembangan kapasitas mereka sehingga mereka dapat menanggapi kebutuhan akan pengetahuan dan kapasitas teknis dalam komunitas itu sendiri.

Ketika beberapa desa diundang untuk membahas rencana konsesi kelapa sawit, Zulfikri tidak ragu-ragu untuk menyuarakan keberatannya. “Saya membagikan pendapat saya kepada komunitas saya dan sebagai hasilnya, kami memutuskan untuk menolak tawaran untuk mengubah hutan kami menjadi perkebunan, meskipun kepala desa kami mendukung skema tersebut.”, katanya.

Sebagai hasilnya, ia menunjukkan, “Kami masih memiliki hutan dan tidak memiliki masalah dengan air dan hasil panen — tidak seperti desa lain yang menyetujui skema tersebut.”

Mendengarkan umpan balik dan komentar positif, Gilang merasa bangga tetapi dengan cepat memastikan bahwa masih banyak yang harus dilakukan. “Mimpi kami adalah untuk membina fasilitator lokal di tingkat akar rumput, terutama di daerah terpencil sebanyak mungkin dan mendukung pengembangan kapasitas mereka sehingga mereka dapat menanggapi kebutuhan akan pengetahuan dan kapasitas teknis dalam komunitas itu sendiri. Dengan kapasitas dan keyakinan itu, kami yakin mereka dapat melindungi dan mengelola sumber daya mereka sendiri alih-alih menyerah menjadi obyek penelitian dan dibayangi oleh LSM.”