RECOFTC Indonesia
Cerita

Untuk Hutanku, Untuk Masyarakatku: Pensyarah Perempuan Dari Meru Betiri

18 March 2016
Detty Saluling
Seorang pensyarah perempuan dari Meru Betiri, Jawa Timur, Indonesia telah menjadi ujung tombak pendidikan perubahan iklim di desanya dan menginspirasi orang-orang di desanya untuk menanam pohon.
Stories of Change
Yuliatin in their farm field

Yuliatin adalah seorang pensyarah (penceramah agama) perempuan berusia 29 tahun yang tinggal di dekat Taman Nasional Meru Betiri di Jawa Timur, Indonesia, daerah yang dikenal sebagai salah satu habitat terakhir harimau Jawa. Suatu hari, Yuliatin yang secara teratur mengadakan pengajian Islam bersama perempuan lain di desanya, menerima berita penting. “Saya telah diundang ke pelatihan.”, Yuliatin memberi tahu temannya Paini. “Saya sangat terkejut. Biasanya hanya pria yang mendapatkan peluang ini. Tetapi pelatihan ini berbeda. Pelatihan ini untuk pensyarah perempuan agar belajar tentang perubahan iklim.”

“Saya sangat terkejut. Biasanya hanya pria yang mendapatkan peluang ini. Tetapi pelatihan ini berbeda. Pelatihan ini untuk pensyarah perempuan agar belajar tentang perubahan iklim.”

Dia menandai hari pelatihan di kalendernya yaitu 5 September 2011. Ketika hari itu tiba, Yuliatin dan Paini, yang juga diundang, pergi ke desa lain tempat pelatihan diadakan.Yuliatin sangat gembira, terutama karena para fasilitator berasal dari pemerintah pusat (Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan – Pusdiklat), RECOFTC dan LATIN (Lembaga Alam Tropika Indonesia). Dia juga merasa gugup bisa mengikuti pelajaran karena pendidikan formalnya berakhir di usia muda.

Dua puluh perempuan pensyarah dari lima desa berpartisipasi dalam pelatihan itu. Yuliatin adalah salah satu yang termuda karena sebagian besar perempuan adalah pensyarah senior. Dia mencoba untuk tidak merasa putus asa dan ingat bahwa tujuannya adalah belajar sesuatu yang baru.

“Saya ingin Anda menggambar seperti apa hutan Anda pada tahun 1999 setelah semua penebangan liar,” sang pelatih bertanya pada peserta di awal pertemuan. Saat Yuliatin memikirkan gambarnya, pikirannya kembali ke masa itu, 13 tahun yang lalu.

"Bum!" Yuliatin bisa dengan jelas mendengar suara pohon yang menyentuh tanah. Karena ia tinggal sangat dekat dengan Taman Nasional Meru Betiri, ia mendengar suara pohon yang jatuh hampir setiap hari, dari pagi hingga sore. Tampaknya semua orang menebang pohon, bahkan keluarganya sendiri. Ayah Yuliatin membantu mendukung keluarganya dengan menjual kayu bakar. Saat remaja Yuliatin sering pergi ke hutan bersama keluarganya untuk mengumpulkan kayu.

Selanjutnya, pelatih meminta mereka untuk menggambar “hutan impian Anda”. Kenangan indah dari masa kecil Yuliatin kembali saat ia berusia enam tahun, saat ia berenang di sungai kecil bersama teman-temannya. Hutan penuh dengan pohon-pohon besar, buah-buahan, bambu tinggi, dan burung-burung bernyanyi.

Saat Yuliatin membandingkan kedua gambar itu, dia merasakan sebuah tanggung jawab. Dia juga mengambil bagian dalam penebangan liar pada tahun 1999. Dia ingin membantu mengembalikan hutan masa kecilnya.
Yuliatin belajar tentang perubahan iklim, REDD+, dan perspektif Islam terhadap hutan. Ini adalah dua hari yang tak terlupakan, bukan hanya mendapatkan pengetahuan baru, tetapi juga perasaan baru ketika pada satu titik ia dibungkus plastik untuk menunjukkan bagaimana dampak perubahan iklim terasa. 

Terinspirasi oleh pelatihan yang diikutinya, Yuliatin termotivasi untuk membagikan apa yang dia pelajari kepada orang lain dan mendorong sesama penduduk desa menanam lebih banyak pohon untuk merehabilitasi hutan terdegradasi di sekitarnya. Suaminya adalah orang pertama yang diajak berbagi. “Saya belajar banyak dari pelatihan. Sekarang saya tahu apa perubahan iklim dan peran hutan kita. Saya tahu mengapa banjir lebih sering terjadi. Itu karena hutan kita telah rusak parah. Kita harus menanam lebih banyak pohon!”, jelasnya. Suaminya tidak bereaksi seperti yang dia harapkan. “Kamu tahu bahwa menanam lebih banyak pohon akan mengurangi panen kita, beras kita, jagung kita. Kamu berbicara seperti kamu pintar. Tetapi saya tidak yakin seorang wanita harus membicarakan masalah tersebut. Jangan khawatir tentang hutan kami, sebagai wanita Anda hanya perlu menjaga anak-anak kita.”

 “Saya tidak menentang bertanggung jawab atas pekerjaan rumah tangga. Tetapi ini tidak berarti saya tidak dapat melakukan hal lain.”, jawabnya. “Jika kita menanam petai, nangka, atau pohon durian, kita bisa menjual buah dan menghasilkan lebih banyak pendapatan pada saat yang sama. Jika kita tidak menanam lebih banyak pohon, banjir akan menghanyutkan tanaman kita dan kita akan kehilangan segalanya. Apakah kamu ingat banjir pada tahun 2001, 2002, dan 2007? Baca ini jika Anda tidak mempercayai saya.”, Yuliatin memberinya buku kecil tentang perubahan iklim dan REDD+.

Yuliatin melihat bahwa meyakinkan suaminya hanyalah tantangan pertama, dan bahwa dia mungkin menghadapi penolakan lebih banyak dari orang lain ketika dia berbicara tentang perubahan iklim. "Ini penting bagi saya dan saya siap menghadapi tantangan," kata Yuliatin kepada Paini. Dia menceritakan kepada temannya mengapa itu sangat penting baginya: “Setelah sekolah menengah pertama, keluarga saya tidak mampu membayar biaya pendidikan saya. Jadi saya pergi ke Malaysia untuk mencari pekerjaan untuk mengirim uang kepada orang tua saya untuk sebuah rumah baru. Saya hanyalah seorang remaja, dan saya yakin bahwa kehidupan kota akan lebih baik daripada tinggal di desa tetapi ternyata itu adalah pengalaman tersulit dalam hidup saya. Selama tiga tahun, saya adalah pekerja rumah tangga. Keluarga tempat saya bekerja memperlakukan saya dengan sangat buruk. Mereka tidak mengizinkan saya berkomunikasi dengan siapa pun, bahkan tidak dengan keluarga saya. Saya bekerja dari jam 5 pagi hingga 2 pagi setiap hari. Suatu kali saya dituduh mencuri pakaian dan dipukul sampai saya tidak sadarkan diri. Di lain waktu, saya dikurung di ruang penyimpanan selama lima hari, sementara seluruh keluarga sedang pergi. Mereka tidak meninggalkan saya makanan apa pun, dan saya bertahan dengan camilan yang saya temukan di kamar. 

Itu adalah momen paling sepi dalam hidup saya, sendirian dan kelaparan. Jadi itulah mengapa saya sangat bersyukur berada di rumah. Di sini saya memiliki sepetak lahan kecil dari ayah saya, dan saya dapat menghasilkan penghasilan untuk keluarga saya. Saya ingin melestarikan hutan dan rumah saya.”

“Merawat hutan akan mengurangi banjir dan erosi, dan akan memberi kita lebih banyak sumber air. Air memainkan peran yang sangat penting dalam ibadah kita. Umat Islam membutuhkan air untuk membersihkan tubuh dan jiwa mereka sebelum berdoa.”

Suatu hari setelah pelatihan, dia meminta empat pensyarah perempuan lain untuk datang ke rumahnya untuk mendiskusikan apa yang dia pelajari di pelatihan dan bagaimana mereka dapat mengajar orang lain. “Saya ingin menunjukkan sesuatu dari pelatihan. Saya akan membungkus Anda dalam plastik ini dan menanyakan Anda bagaimana perasaan Anda, ”kata Yuliatin sambil menyalin aktivitas dari pelatihan. Para pensyarah perempuan mencobanya dan diskusi yang menarik terjadi kemudian. 

“Merawat hutan akan mengurangi banjir dan erosi, dan akan memberi kita lebih banyak sumber air. Air memainkan peran yang sangat penting dalam ibadah kita. Umat Islam membutuhkan air untuk membersihkan tubuh dan jiwa mereka sebelum berdoa.”, kata salah satu pensyarah. Pada akhirnya, mereka semua mengerti bahwa mereka harus melindungi hutan dan menanam lebih banyak pohon, dan mereka setuju bahwa pelajaran berharga itu untuk dibagikan, terutama bersama dengan perspektif Islam.

Suatu hari, teman Yuliatin, Paini mengatakan kepadanya, “Beberapa orang bergosip bahwa selama pelatihan Anda sedang 'mencari ayam'. Mereka mengatakan Anda berpakaian berbeda dan menggunakan make-up.” Yuliatin tahu bahwa ketika seorang wanita yang sudah menikah pergi ke luar desa tanpa suaminya, orang-orang mencurigai wanita berselingkuh. Ini adalah apa yang dimaksud dengan 'mencari ayam'.

“Perempuan yang berpartisipasi dalam pelatihan sangat jarang dan orang-orang tidak terbiasa. Tapi keyakinan saya adalah ketika Anda menyimpan sesuatu yang berbau, baunya akan busuk. Tetapi jika Anda menyimpan sesuatu yang baik, itu akan selalu baik. Saya melakukan sesuatu yang baik untuk hutan saya dan orang-orang saya. Mereka akan memahami ini pada akhirnya.”, kata Yuliatin. “Saya tidak khawatir tentang apa yang dipikirkan orang. Ayah saya selalu mengatakan kepada saya 'jangan takut untuk memperjuangkan sesuatu yang benar.", ungkap Yuliatin. 

Para perempuan pensyarah mengatur pelatihan pertama mereka dan mengundang 35 perempuan lainnya. Mereka segera menyadari bahwa para peserta memiliki berbagai tingkat pemahaman yang berbeda. Beberapa pertanyaan mengapa mereka belajar tentang hutan selama kelas Islam dan tidak dapat memahami hubungannya. Untuk pelatihan berikutnya, Yuliatin mengembangkan strategi baru yaitu ia merencanakannya bersama dengan seorang pemimpin agama dari desanya, dan juga mengundang seorang fasilitator dari mitra RECOFTC yaitu LATIN. Dia tahu bahwa mereka dihormati oleh masyarakat, dan orang-orang akan mendengarkan mereka. Dia melakukan pelatihan, dengan dukungan dari dua lembaga tersebut. Dia menemukan bahwa saat ini, para peserta sepakat dengan pelajaran. Namun, ia menemukan bahwa beberapa peserta buta huruf sehingga Yuliatin memberikan selebaran kepada anak-anak dewasa mereka dan meminta anak-anaknya untuk menjelaskan kepada ibu mereka.
Yuliatin juga berbagi pelajaran di luar anggota kelas Islamnya. Dia melakukan pelatihan untuk 20 sukarelawan kesehatan masyarakat di desanya, yang dengan cepat memahami konsep dan pada gilirannya berbagi dengan suami mereka, meminta mereka untuk menanam lebih banyak pohon. Dia mengadakan pelatihan untuk 40 anak di sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Yuliatin membagikan pengetahuannya dalam percakapan santai dengan orang-orang yang ditemuinya selama pertemuan komunitas, atau dengan orang tua lain di sekolah. Meskipun dia masih menghadapi tantangan yaitu terkadang orang mengatakan dia 'pamer' karena dia berpartisipasi dalam pelatihan, namun Yuliatin merasa dia tidak sendirian. Dia memiliki jaringan para pensyarah perempuan lainnya yang saling mendukung satu sama lain. 

Dia juga sangat termotivasi. “Ketika Anda akan berperang, Anda membutuhkan senjata. Senjataku adalah hatiku yang besar untuk komunitasku. Jika pemerintah akan mengizinkan kami untuk tetap mengelola hutan, saya dapat menghasilkan lebih banyak pendapatan sehingga anak-anak saya dapat menjadi lebih berpendidikan.” Sekarang Yuliatin melihat secara perlahan, orang-orang mulai percaya padanya, termasuk suaminya. Orang-orang mulai menanam lebih banyak pohon. Mereka memahami bahwa ketika mereka menanam pohon, mereka dapat menerima berbagai manfaat, termasuk hasil hutan non-kayu seperti petai, mangga, nangka, dan banyak lagi.
Teman Yuliatin, Paini, baru-baru ini memberi tahu dia gosip terbaru, “Orang-orang mengatakan bahwa Yualiatin adalah orang penting. Mereka terkesan bahwa Anda diundang ke Jakarta untuk berbagi pengalaman Anda dalam acara nasional dengan RECOFTC.” Dengan pengakuan ini, Yuliatin merasa bangga dan cukup kuat untuk mengejar mimpinya, untuk melihat hutan masa kecilnya lagi.