RECOFTC Indonesia
News

Apresiasi terhadap Bakat di Balik Lensa untuk Kompetisi Foto Hijaunya Indonesiaku

Pengumuman pemenang lomba foto Hari Keanekaragaman Hayati Internasional dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 di Indonesia.

Dengan bangga, kami umumkan pemenang dari Kompetisi Foto Hijaunya Indonesiaku dalam rangka merayakan Hari Keanekaragaman Hayati Internasional dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024. Kompetisi ini menyoroti kekayaan alam dan keanekaragaman hayati, serta keindahan lingkungan berbagai provinsi di Indonesia melalui lensa para fotografer muda yang berbakat.

Setelah melalui berbagai proses seleksi dan tahap evaluasi yang cermat, tim kami telah memilih foto dan fotografer berikut. Karya foto ini terpilih karena kreativitas, komposisi, dan kemampuannya dalam menangkap esensi lanskap alam nusantara, yaitu:

Pemenang pertama: 
Pengukuran lingkar pohon untuk memperkirakan penyimpanan karbon oleh Salman Arib Rozan

Foto yang diambil di Desa Bunut Hulu ini menunjukkan anggota kelompok Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) sedang mengukur keliling pohon berumur 100 tahun di provinsi Kalimantan Barat. Pengukuran keliling membantu memperkirakan biomassa pohon dan kapasitas penyimpanan karbon. Hutan yang dikelola masyarakat berperan besar dalam mitigasi perubahan iklim melalui penyerapan karbon. Kegiatan ini menyoroti pentingnya peranan pohon dan kontribusinya terhadap lingkungan sekitarnya.

Pemenang kedua: 
Tanam makananmu oleh Muhammad Billy Wijaya

Diambil di Desa Mella, Kecamatan Soe, Provinsi Nusa Tenggara Timur, foto ini menampilkan Marselina, seorang warga desa sekaligus seorang ibu yang sedang mengajari anak-anaknya cara bercocok tanam dan merawat tanaman. Sembari memberikan pelajaran melestarikan alam dan bercocok tanam di sekitar lingkungan rumahnya, beliau juga memanen selada. Marselina bercerita, sejak dini ia mendidik anak-anaknya untuk mencintai lingkungan dan mengolah kebun untuk rezeki.

Pemenang ketiga: 
Penanaman bibit cendana oleh Edrieno Sutardjadi

Di Sumba Timur, masyarakat berjalan bersama menuju lahan mereka untuk menanam anakan cendana untuk mendukung program pemerintah daerah dalam melestarikan ekosistem cendana. Kebijakan pemerintah daerah dalam memulihkan ekosistem cendana di Pulau Sumba bertujuan untuk meningkatkan penghidupan petani dan masyarakat luas dengan melestarikan sumber daya alam yang sangat berharga tersebut.

Selain ketiga pemenang teratas, beberapa foto juga ditampilkan melalui akun media sosial sebagai penghargaan atas kontribusi dan karya yang luar biasa.

Sekali lagi, kami ucapkan selamat kepada para pemenang dan berterima kasih kepada semua peserta yang telah ikut berpartisipasi. Kiriman karyanya telah menggarisbawahi pentingnya kesadaran lingkungan dan upaya konservasi di Indonesia. Setiap foto dengan jelas menangkap keindahan dan kekayaan keanekaragaman hayati di Indonesia, yang diharapkan akan bisa menginspirasi individu lain untuk menghargai dan melindungi warisan alam ibu pertiwi.

Untuk melihat entri pemenang dan karya foto dari kompetisi ini, ikuti akun media sosial Facebook RECOFTC Indonesia. Semoga gambar-gambar ini dapat menjadi motivasi untuk ikut berupaya melestarikan ekosistem yang beragam di Indonesia!